Plus 13 Pro dan Kontra Perbedaan ATV 2 Tak dan 4 Tak

Jika Anda pernah ke bukit pasir, di trek, atau benar-benar di mana saja yang sering dikunjungi penggemar ATV maka Anda mungkin pernah mendengar debat hebat tentang 2 pukulan vs 4 pukulan. Perdebatan ini hampir memanas seperti debat “Ford Vs Chevy” yang telah berkecamuk selama bertahun-tahun. Anda memiliki penggemar di kedua sisi pagar yang akan dengan keras mempertahankan mesin pilihan mereka tidak peduli apa yang dikatakan dan tidak ada yang bisa berubah pikiran.

Mesin 2 tak menghasilkan lebih banyak torsi pada RPM yang lebih tinggi dan membutuhkan pencampuran minyak dan bahan bakar. Mesin 4 tak lebih berat dan beratnya bisa mencapai 50% lebih berat dari mesin 2 tak dan menciptakan torsi yang lebih tinggi pada RPM yang lebih rendah.

Jika Anda ingin mengetahui jenis mesin mana yang lebih baik di sebuah ATV maka Anda perlu memperhatikan kualitas yang baik dan kualitas yang kurang baik. Setiap mesin memiliki alasannya sendiri mengapa mereka bisa dianggap "lebih baik" daripada yang lain, tetapi itu benar-benar terserah Anda untuk memutuskan berdasarkan kebutuhan Anda dan apa yang Anda inginkan dari perjalanan Anda berikutnya.

jenis ATV
jenis ATV

Bagaimana Mesin Pembakaran Bekerja

Pembakaran adalah proses pelepasan energi dari campuran bahan bakar dan udara yang telah dinyalakan sehingga menyebabkan ledakan. Semua ATV memiliki mesin pembakaran (dengan pengecualian mesin listrik baru yang semakin populer). Dalam mesin pembakaran, penyalaan dan pembakaran terjadi di dalam mesin ketika bahan bakar dan udara bercampur dan busi memulai penyalaan campuran tersebut. Kemudian mesin mengubah energi dari pembakaran menjadi tenaga dari mesin. Mesin ATV memiliki silinder tetap dan piston yang bergerak. Gas pembakaran mengembang dan mendorong piston ke bawah sehingga poros engkol berputar. Poros engkol berputar dan mengaktifkan beberapa rangkaian gigi dan tenaga pembakaran tersebut kemudian ditransfer ke roda untuk memberikan akselerasi.

Apa Itu Stroke

Stroke dalam mesin adalah fase siklus mesin di mana piston bergerak dari bagian atas silinder ke bagian bawah silinder, atau dari bawah ke atas. Dalam mesin 4 tak, dibutuhkan 4 langkah piston untuk menyelesaikan satu siklus. Siklus ini mencakup empat proses berbeda. Mari kita jelajahi ini sedikit lebih banyak untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang apa yang sebenarnya terjadi di dalam mesin kita.

Pemasukan

Saat Anda menyalakan kunci dan menekan tombol start, itu mengirimkan sinyal ke mesin yang mengaktifkan starter. Piston kemudian bergerak turun ke dalam silinder dan katup masuk terbuka untuk menarik udara dan bahan bakar. Amazon memiliki banyak pilihan suku cadang untuk banyak UTV termasuk suku cadang intake.

Kompresi 

Setelah piston mencapai bagian bawah silinder dan penuh dengan bahan bakar dan udara, piston akan menembak kembali ke silinder, menekan campuran udara bahan bakar di dalam silinder.

Pembakaran dan Tenaga

Busi kemudian menyalakan campuran udara bahan bakar yang menyebabkan pembakaran. Pembakaran ini menyebabkan ledakan kecil di mana gas-gas mengembang dengan cepat dan mendorong piston ke bawah.

Knalpot

Terakhir, piston bergerak kembali ke atas silinder dan katup buang terbuka. Ini mengeluarkan semua gas yang terbakar melalui pipa knalpot Anda. (Ini adalah tindakan simultan dengan langkah isap pada mesin 2 tak)

Setiap siklus memutar poros engkol yang memberikan tenaga untuk memutar roda gigi yang menggerakkan ATV Anda.

Perbedaan Antara A 2 Stroke Dan A 4 Stroke

Ketika berbicara tentang dua jenis mesin untuk ATV, hanya ada dua jenis yang dipasang (kecuali bertenaga baterai yang tidak akan kami bahas di sini) dan yaitu 2 tak dan 4 tak. Keduanya serupa karena keduanya memiliki mesin pembakaran yang membakar bensin untuk menyediakan mesin dengan pembakaran. Bagaimana masing-masing menghasilkan kekuatan mereka adalah di mana perbedaan mulai terlihat.

Perbedaan utama antara mesin 2 tak dan mesin 4 tak terletak pada bagaimana masing-masing menghasilkan tenaganya.

Dalam mesin 2 tak, piston hanya membutuhkan 2 langkah (lihat di atas) untuk menyelesaikan siklus pemasukan, kompresi, pembakaran dan tenaga, dan pembuangannya. Langkah masuk dan buang keduanya terjadi pada saat yang sama selama pengoperasian mesin 2 tak. Langkah "balik" ini melepaskan gas buang dari langkah sebelumnya dan secara bersamaan memasukkan udara dan campuran bahan bakar ke dalam silinder. Kemudian langkah kompresi kemudian memaksa campuran bahan bakar dan udara ke atas untuk mengompresi sementara busi memulai percikan untuk menyalakan gas di dalamnya, memaksa piston kembali ke dalam silinder memulai seluruh proses dari awal lagi. 4 siklus mesin pembakaran diselesaikan hanya dalam 2 langkah, itulah namanya. Ini berarti busi menyalakan setiap putaran yang menghasilkan tenaga setiap saat.

Mesin 2 tak sedikit berbeda dalam cara pengolahan bahan bakarnya. Mesin 2 tak mengharuskan Anda untuk mencampur bahan bakar dan oli menjadi satu campuran yang tepat untuk mengoperasikannya. Campuran bahan bakar dan oli tersebut masuk ke bak mesin dari ruang bakar sehingga perlu ada oli yang tercampur dengan bahan bakar agar dapat melumasi semua bagian dalam mesin untuk mencegah terjadinya masalah.

Mesin 4 tak, seperti namanya, membutuhkan 4 tak untuk menyelesaikan seluruh siklus dari intak hingga knalpot. Setiap langkah dari siklus adalah satu langkah jadi ada satu langkah untuk intake, satu untuk kompresi, satu untuk pembakaran dan tenaga, dan satu untuk knalpot.

Pada mesin empat langkah, campuran bahan bakar tidak pernah mengalir melalui bak mesin, sehingga oli dan bahan bakar tetap terpisah, dan oli tidak terbakar seperti pada mesin dua langkah.

Ada banyak pro dan kontra untuk setiap jenis mesin dan hanya perlu beberapa menit untuk membahas apa itu jadi ketika Anda selesai dengan artikel ini Anda harus dapat menentukan jenis ATV yang ingin Anda dapatkan.

ATV 2 Tak - Pro

Jadi kelebihannya adalah sesuatu yang banyak diucapkan oleh banyak pengendara tentang 2 pukulan dan mereka selalu menggunakannya dalam argumen mereka. Keunggulan dari 2 pukulan pasti sangat bagus dalam hal kekuatan yang mereka hasilkan dan betapa mudahnya beberapa hal dapat dilakukan pada mereka. Mari kita langsung masuk dan melihat yang baik dan yang buruk.

2 Stroke Jauh Lebih Ringan

Karena mesin ATV dua tak adalah desain yang jauh lebih sederhana yang memungkinkan mereka melakukan keempat siklus pembakaran dalam 2 tak, mereka memiliki lebih sedikit bagian yang bergerak. Lebih sedikit bagian membuat mesin Anda jauh lebih ringan. Memiliki ATV yang ringan bisa menjadi hal yang baik karena beberapa alasan.

Ini memungkinkan 2 pukulan memiliki akselerasi yang lebih cepat dan membuatnya lebih mampu melambat lebih cepat. 2 pukulan umumnya lebih kecil secara keseluruhan dan bingkai yang lebih kecil ini juga memungkinkan rasio kekuatan terhadap berat yang jauh lebih baik dan kita semua tahu bahwa semakin banyak bobot yang Anda miliki, semakin Anda melambat. Setiap sedikit pengurangan berat badan membantu saat mengendarai ATV dan mendapatkan performa sebanyak yang Anda bisa, baik itu untuk balapan atau sekadar balap jalanan di mana Anda ingin melaju secepat mungkin.

Mesin yang lebih kecil memungkinkan ATV yang jauh lebih kecil dan lebih ringan yang lebih baik untuk pengendara yang lebih kecil. Tidak hanya bagus untuk memilih ukuran ATV yang tepat untuk anak Anda, Anda juga perlu memilih ukuran yang tepat untuk Anda. ATV yang terlalu besar dapat menjadi sulit untuk ditangani dan menyebabkan kecelakaan. Anda ingin mengukur ATV Anda dengan cara yang sama dengan ukuran ATV anak Anda dan Anda perlu mencari banyak faktor yang sama. Lihat artikel ini yang saya tulis tentang memilih ATV remaja untuk mendapatkan beberapa ide.

Harga

Meskipun ATV 2 tak tidak lagi diproduksi, saat itu lebih murah untuk membeli satu daripada membeli 4 tak. Lebih sedikit bagian yang bergerak di mesin berarti lebih sedikit bahan yang digunakan untuk membuat mesin. Dan tentu saja bila bahan yang digunakan lebih sedikit, pabrikan menghabiskan lebih sedikit uang dan dapat memberi Anda harga yang lebih baik. Saat ini hanya menggunakan 2 pukulan yang dapat Anda temukan dan harganya akan jauh lebih murah daripada 4 pukulan baru.

jenis ATV
jenis ATV

Ketika Anda berada di pasar untuk 2 tak bekas, Anda dapat bertaruh bahwa Anda akan memiliki biaya awal yang jauh lebih murah yang dapat membantu Anda dalam jangka panjang dalam hal pemeliharaan. Pukulan 2 lebih mudah dirawat karena kesederhanaan dan desainnya yang memungkinkan siapa saja yang memiliki kecenderungan mekanis untuk memperbaiki sebagian besar masalah dan melakukan perawatannya sendiri.

Pelumasan

Saat Anda mencampur oli dan bahan bakar untuk mendapatkan rasio yang dibutuhkan untuk menjalankan 2 langkah, Anda sedang melumasi mesin dan bak mesin. Saat Anda menggunakan campuran bahan bakar minyak, minyak kemudian dibakar dan ditambahkan baru ketika tangki baru campuran bahan bakar minyak ditambahkan. Siklus ini akan membuat Anda tidak perlu melakukan penggantian oli rutin seperti yang Anda lakukan dalam 4 tak.

Saya melakukan penggantian oli di Polaris Outlaw 525s saya 2 kali atau lebih dalam satu musim karena saya sering berkendara. Ini adalah biaya yang dapat bertambah jika Anda harus sering mengganti oli Anda sehingga ini adalah biaya tambahan yang tidak dimiliki oleh 2 tak.

Lebih Mudah Untuk Dipertahankan

Dengan berkurangnya jumlah suku cadang dalam mesin 2 tak, semakin sedikit yang sebenarnya perlu dirawat. Seperti yang sudah saya katakan, perawatan 2 tak bisa lebih mudah karena mesinnya yang sederhana. 2 pukulan juga tidak memiliki katup, tetapi memiliki port sebagai gantinya. Port transfer ini memainkan peran penting dalam mendinginkan silinder dan gas pemulung.

ATV 2 Tak - Kontra

Tidak Baik Untuk Lingkungan
Karena cara kerja 2 tak, menembak pada setiap putaran, menembak lebih sering dan menghasilkan lebih banyak karbon yang dilepaskan ke udara. EPA menetapkan regulasi yang kaku pada kendaraan off road dan emisi mesin 2 tak jauh di atas batas regulasi ini. Banshee adalah salah satu ATV 2 tak terakhir dan sangat terpukul oleh peraturan ini. Setiap ATV dianggap sebagai kendaraan off road dan tidak dirancang untuk jalur tertutup sehingga 2 pukulan dipengaruhi oleh peraturan ini dan tidak lagi diproduksi. Jika Anda ingin mempelajari lebih lanjut tentang Yamaha Banshee, produksinya, dan peraturan EPA, lihat apa yang saya tulis tentangnya di artikel ini.

2 pukulan juga memiliki kecenderungan untuk banyak merokok saat pertama kali dinyalakan dan semua yang dibuang ke udara. Sekarang apakah ATV 2 tak Anda membuat perbedaan sebesar itu? Mungkin tidak, tetapi EPA masih mengaturnya hingga tidak lagi diproduksi oleh perusahaan ATV mana pun.

Pengiriman Daya Kurang Dapat Diprediksi

Mempertimbangkan fakta bahwa mesin 2 tak menembak setiap putaran, ia mengeluarkan lebih banyak tenaga ke roda dan ini membuat kurang dapat diprediksi saat memberi quad beberapa throttle. Meskipun memiliki kekuatan besar pada putaran tinggi per menit (RPM), sulit untuk dikendalikan ketika ada sesuatu yang dapat menghasilkan tenaga sebesar ini.

2 pukulan sering kali bersifat “squirrely” atau “jumpy” dan dengan torsi ekstra ke roda belakang, terkadang dapat menjauh dari Anda. Dibutuhkan pengendara yang lebih berpengalaman untuk benar-benar dapat mengontrol apa yang dihasilkan mesin 2 tak dalam hal tenaga dan kemampuan untuk mengendalikannya. Sebagian besar dari apa yang memerlukan seberapa baik wahana ATV adalah seberapa baik pengendara menanganinya.

2 Pukulan Membutuhkan Lebih Banyak Pergeseran
Karena mesin ATV 2 tak beroperasi hanya pada dua langkah untuk menyelesaikan satu siklus mesin, ini menghasilkan lebih banyak tenaga per tak. Ini memberikan akselerasi awal yang bagus saat keluar dari gerbang dan saat keluar tikungan, tetapi bisa juga memiliki beberapa efek yang tidak terlalu bagus. Misalnya, Anda tidak dapat mempertahankan gigi 2 langkah selama dengan 4 langkah dan ini berarti Anda harus lebih sering berpindah gigi, karena ambang batas untuk variabilitas pada gigi yang berbeda secara komparatif lebih kecil dengan mesin dua tak jika dibandingkan dengan motor trail dengan mesin empat tak.

Karena itu, Anda dapat menjaga throttle 2 tak terbuka lebar dan nyaris tidak mengetuk kopling untuk menggerakkan jalan melalui roda gigi. Fakta bahwa Anda memiliki semua pukulan itu dapat membuatnya jadi Anda benar-benar tidak perlu kadang-kadang bergeser, cukup lakukan pada belokan di mana Anda sudah memilikinya dengan gigi yang bagus. Hal ini terutama untuk balapan karena Anda hanya ingin menggunakan kecepatan penuh, atau pengereman… tidak pernah meluncur di lingkungan balapan.

Mereka Membutuhkan Lebih Banyak Perawatan
Mereka mudah dirawat dan lebih murah untuk dirawat dan diperbaiki tetapi itu tidak berarti Anda tidak akan kurang memeliharanya. Karena fakta bahwa Anda memiliki mesin yang menghasilkan dua kali lebih banyak pukulan, dengan bagian yang lebih sedikit bergerak, suku cadang Anda akan aus dua kali lebih cepat. Ini berarti Anda akan melakukan perawatan lebih sering sehingga pada akhirnya menjadi perdagangan yang seimbang untuk biaya perawatan antara 2 dan 4 kali.

Jika Anda mengendarai 2 tak cukup keras, Anda akan membangun kembali ujung atas Anda setiap 30 hingga 50 jam tetapi jika Anda adalah tipe orang yang melakukannya sendiri, dengan alat yang tepat, suku cadangnya tidak terlalu mahal. Hanya perlu waktu untuk melakukan pekerjaan itu.

ATV 4 Tak - Keunggulan

ATV 4 Tak - Keunggulan
ATV 4 Tak - Keunggulan

Lebih Mudah Dikendarai

4 pukulan umumnya lebih mudah untuk dikendarai bagi kebanyakan pengendara, bahkan pengendara berpengalaman yang menyukai 2 pukulan mereka. 2 pukulan memiliki tenaga yang besar dan torsi besar yang memberikan akselerasi yang cepat, hal ini akan lebih sulit ditangani untuk pengendara yang tidak berpengalaman. Ini adalah giliran bagi sebagian orang karena tidak semua orang ingin melaju secepat mungkin atau memacu mesin mereka.

Penghematan Bahan Bakar yang Lebih Baik

Jika Anda mencari sesuatu yang mendapatkan jarak tempuh bahan bakar sedikit lebih baik maka 4 tak adalah yang Anda butuhkan. Ini melakukan lebih sedikit stroke karena bahan bakar hanya dikonsumsi sekali per 4 langkah dan mengurangi pembakaran per siklus sehingga menggunakan lebih sedikit bahan bakar.

Dalam hal performa, penghematan bahan bakar bukanlah masalah besar saat Anda menggunakan kecepatan penuh untuk bersenang-senang di jalan setapak, tetapi ini adalah sesuatu yang perlu dipertimbangkan.

Pengiriman Daya Lebih Dapat Diprediksi

Mesin 4 tak lebih andal daripada mesin 2 tak sebanding karena tenaga tersedia pada RPM rendah. Karena tenaga mesin 4 tak lebih mudah dikelola pada RPM yang lebih rendah, ini membuatnya lebih mudah di dalam tikungan, bekas roda, dan hampir semua kotoran yang padat. Karena mesin 4 tak hanya menghasilkan tenaga pada setiap langkah kedua piston, ini memungkinkan tenaga menjadi lebih mudah diatur bagi pengendara.

Saat Anda tidak memiliki tenaga pada roda pada setiap pukulan seperti 2 langkah, Anda dapat mengurangi putaran roda dan menghemat waktu Anda yang berharga saat berada di trek balap. Apakah penurunan daya mentah menutupi waktu yang dihemat di medan seperti sudut dan bekas roda? Itu adalah pertanyaan yang bagus dan masih menjadi bagian dari debat 2 tak vs 4 tak.

ATV 4 Tak - Kontra

4 Pukulan Itu Berat

Mesin 4 tak memiliki lebih banyak bagian yang bergerak di mesin mereka dan memiliki lebih banyak lagi yang dibutuhkan agar dapat bekerja secara efisien. Dengan suku cadang ekstra ini, hadir mesin yang lebih besar dan lebih berat. Untuk mengakomodasi mesin yang lebih besar, kerangka yang lebih besar atau lebih kokoh sering kali diperlukan untuk mencoba mengatasi beban tambahan. Hal ini membuat ATV lebih berat secara keseluruhan… pada kenyataannya, mesin 4 tak lebih berat hingga 50% dari ukuran cc mesin 2 tak sebanding.

Lebih Banyak Biaya Perawatan

Mesin empat langkah dilumasi dengan menahan oli di pompa bah. Oli didistribusikan dari pompa bah ini melalui pelumasan bertekanan yang disediakan oleh pompa. Ini berarti Anda harus melakukan penggantian oli secara teratur seperti yang Anda lakukan pada kendaraan penumpang biasa seperti mobil Anda. Ini tidak seperti 2 tak di mana oli terbakar setiap kali mesin dinyalakan. Meskipun ini bukan biaya yang besar, itu akhirnya menambah satu biaya pemeliharaan yang tidak dimiliki oleh 2 tak.

Mempertimbangkan fakta bahwa 4 langkah memiliki lebih banyak bagian, itu berarti ada lebih banyak hal yang mungkin dapat rusak tetapi ketika Anda mempertimbangkan bahwa mesin dalam 4 langkah melakukan pekerjaan keseluruhan kurang dari 2 langkah dan beban kerja tersebar di lebih banyak bagian, perbaikan pemeliharaan, dan kebutuhan untuk membangun kembali hal-hal seperti ujung atas, terpisah lebih jauh dalam hal kapan mereka perlu dilakukan.

Itu Semua Tergantung Preferensi

Ketika datang ke memilih ATV 2 tak atau 4 tak itu semua tentang preferensi pribadi. Keunggulan dari 2 tak meliputi: akselerasi lebih cepat, bobot kurang dari 4 tak, biaya perawatan dan perbaikan yang lebih rendah, dan banyak tenaga untuk menyelesaikan pekerjaan. Jika Anda tidak melihat diri Anda berada di ATV yang lebih sulit ditangani di jalur yang ketat, maka Anda menginginkan 4 tak.

Jika Anda menginginkan tenaga yang lebih terkendali di hampir semua situasi dan lebih memilih pengendaraan yang lebih mudah dengan biaya sedikit lebih berat dan biaya perbaikan, maka 4 tak cocok untuk Anda ..

Mengapa Dan Kapan Mereka Berhenti Melakukan 2 Pukulan

EPA mengeluarkan beberapa peraturan ketat yang pada dasarnya menghentikan semua 2 tak yang diproduksi di Amerika Serikat dan perusahaan terpaksa berhenti memproduksinya karena mereka tidak bisa menurunkan emisi pada 2 tak. Tahun 2006 adalah kali terakhir Yamaha Banshee diproduksi dan merupakan ATV 2 tak terakhir yang diproduksi.

Saya harap ini memberi Anda beberapa wawasan tentang apa perbedaan itu dan mengapa Anda harus, atau tidak boleh mendapatkan ATV 2 tak vs ATV 4 tak. Saya telah mengendarai keduanya dan menurut saya, keduanya sama menyenangkannya dengan yang lain dan pada akhirnya, saya semua tentang bersenang-senang di jalan setapak.
Cancel