Akankah ATV Berjalan Tanpa Baterai? inilah jawabannya

Banyak operator ATV berada di tempat yang sulit di mana baterai mereka mati atau lemah. Mungkin Anda perhatikan sebelum Anda meninggalkan toko Anda, atau Anda terdampar di jalan setapak. Apa pun situasinya, Anda ingin tahu apakah ATV dapat berjalan tanpa baterai ?

Jawaban singkatnya adalah itu tergantung. Jika Anda dapat memulai ATV Anda dan tidak bergantung pada elektronik untuk menjalankan, maka ATV Anda dapat berjalan tanpa baterai. Jika Anda mengandalkan starter listrik atau elektronik untuk mesin Anda untuk beroperasi, ATV Anda tidak akan berjalan tanpa baterai yang didukung sebagian. Bahkan jika itu berjalan, komponen listrik Anda tidak akan. 

Ada banyak potongan persyaratan untuk jawaban itu. Memulai dan mengoperasikan ATV tanpa baterai dengan aman atau bahkan sama sekali tergantung pada banyak faktor. Mari selami sisa informasi yang perlu Anda ketahui tentang memulai dan menjalankan ATV tanpa baterai, dan baterai ATV Anda secara umum.


Akankah ATV Berjalan Tanpa Baterai?
Bisakah Anda Menarik Memulai ATV Tanpa Baterai?
Bagaimana Anda Memulai ATV Tanpa Baterai?
Apakah ATV Mengisi Baterai Sendiri?
Bagaimana Saya Dapat Mengisi Baterai ATV Saya?
Mengapa ATV tidak Menggunakan Alternators?
Perlengkapan Favoritku
Lihatlah Artikel-Artikel Hebat Lainnya Ini

Akankah ATV Berjalan Tanpa Baterai?

Seperti yang saya katakan, ini adalah jawaban yang sangat tergantung pada situasi Anda dan jenis ATV yang Anda miliki. Mulai listrik dan mulai tarik keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan untuk penggunaannya. Jika Anda ingin tahu yang mana yang bisa berjalan tanpa baterai, cukup periksa di bawah ini di mana kita membahas semuanya.

Bisakah Anda Menarik Memulai ATV Tanpa Baterai?


Jika ATV Anda hanya dilengkapi dengan starter listrik, Anda tidak akan dapat memulai ATV itu tanpa daya listrik. Karena itu, banyak ATV dilengkapi dengan starter listrik dan starter tarik. Jika ATV Anda salah satunya, Anda akan dapat menghidupkan mesin menggunakan starter tarik bahkan dengan baterai mati. Mesin pembakaran internal ATV itu sendiri tidak secara fundamental bergantung pada listrik.

Inilah masalahnya. ATV Anda akan mulai, tetapi komponen listriknya tidak akan beroperasi. Selain itu, jika sistem mesin Anda mengandalkan komponen listrik - seperti injektor bahan bakar di ATV tanpa karburator - untuk terus berjalan, itu dapat berjalan kurang lancar atau hanya berjalan sebentar-sebentar jika baterai Anda mati.

Bagaimana Anda Memulai ATV Tanpa Baterai?


Jika ATV Anda tidak datang dengan tarikan awal dan baterai Anda mati, Anda tidak akan dapat memulainya dengan starter listrik sampai Anda mendapatkan baterai baru ke ATV itu atau daya ke baterai habis.

Di sisi lain, jika ATV Anda dilengkapi dengan starter tarik, Anda akan dapat memulai ATV Anda hanya dengan starter tarik itu. Seberapa baik, lancar dan lama ATV Anda berjalan setelah memulainya dengan cara itu akan tergantung pada berapa banyak komponen listrik yang diandalkan ATV Anda.

Jika baterai Anda mati dan Anda memiliki starter tarik, biarkan baterai yang kosong di tempat saat Anda memulai dengan starter tarik dan sampai Anda memiliki baterai diperiksa dan / atau diganti. Sistem kelistrikan ATV Anda tergantung pada sirkuit yang telah selesai. Melepas baterai Anda, bahkan yang sudah kosong, merusak atau "menyingkat" sirkuit itu. Sirkuit terbuka dapat mengakibatkan arus mengalir ke komponen yang seharusnya tidak menerimanya, dan pengurangan kecepatan atau torsi.

Apakah ATV Mengisi Baterai Sendiri?


Bahkan jika itu tidak diperlukan untuk memulai ATV Anda, baterai Anda sangat penting untuk menjalankan banyak komponen listrik seperti kipas pendingin, power steering, sistem GPS, pegangan pegangan dipanaskan, derek, lampu dan starter listrik Anda. ATV menggunakan stator atau sistem magneto untuk memberi daya pada komponen listrik tersebut dan untuk mengisi baterai mereka. Mereka tidak menggunakan alternator seperti di truk atau mobil Anda. Sistem pengisian daya ATV terdiri dari tiga bagian: roda gila atau rotor; stator; dan penyearah regulator.

Sebuah stator sebagai drum yang terbuat dari batangan non-konduktif yang dibungkus dengan kawat tembaga. Batang-batang itu membentuk cincin di dalam drum dan semuanya berfungsi sebagai gulungan. Jumlah batang akan bervariasi dari produsen ke produsen dan model ke model. Jumlah batang ditentukan oleh persyaratan daya ATV. Sebuah poros berjalan melalui drum itu, dan bahkan mungkin melekat padanya. Magnet ditempatkan di luar rotor atau di roda gila yang berputar di luar drum. Apakah magnet itu berada di luar rotor atau di roda gila, arus dihasilkan dalam gulungan (batang yang terbungkus kawat) ketika magnet itu berputar dengan cepat melewati setiap batang di stator.

Arus itu dimulai sebagai AC (arus bolak-balik) karena arus balik dengan setiap revolusi magnet yang melewati kumparan. Arus AC itu tidak akan memenuhi kebutuhan sistem kelistrikan ATV karena dua alasan: pertama, itu terlalu tidak stabil karena berayun tergantung pada kecepatan mesin dan kecepatan di mana magnet memutar kumparan; dan kedua, karena hanya arus searah (DC) yang akan mengisi baterai ATV.

Arus AC yang tidak stabil dikonversi menjadi daya yang berguna oleh penyearah regulator . Daya AC dimasukkan ke dalam penyearah regulator, sebuah kotak kecil biasanya ditutupi dengan sirip panas untuk membantu menyebarkan panas yang dihasilkan oleh penyearah regulator. Daya yang keluar dari penyearah regulator dalam format DC yang diperlukan untuk daya (pun intended) sistem kelistrikan ATV.

Bagaimana dengan baterai? Daya yang dihasilkan dari sistem penyearah stator-rotor-flywheel-regulator digunakan terutama dan langsung untuk menyalakan lampu, kipas angin, derek, pemanas ATV, dll. Setiap daya yang tersisa setelah tuntutan komponen-komponen tersebut dipenuhi digunakan untuk mengisi daya baterai. Itu bukan tujuan utama dari sistem, dan baterai ATV tidak terus terisi daya dengan mengendarainya. Bahkan, ada kemungkinan bahwa mengoperasikan ATV Anda - terutama jika menggunakan semua sistem listrik Anda, termasuk winch - akan menarik lebih banyak daya dari baterai daripada sistem rectifier stator-rotor-flywheel-regulator yang menyediakannya.

Untuk ilmu lebih lanjut tentang baterai ATV, periksa Mud Sweat & Gears edisi 14 Mei 2019 .

Bagaimana Saya Dapat Mengisi Baterai ATV Saya?

Bagaimana Saya Dapat Mengisi Baterai ATV
Bagaimana Saya Dapat Mengisi Baterai ATV

Karena menjalankan ATV Anda tidak akan mengisi baterainya, apa cara terbaik untuk menjaga baterai ATV Anda tidak mati? Pertahankan dengan biaya. Ada beberapa cara untuk mempertahankan baterai ATV, termasuk panel surya dan pengisi daya pintar.


Anda dapat mengisi baterai ATV Anda dengan panel surya dengan watt antara 2,5 dan 5W. Setiap watt yang lebih tinggi berisiko merusak baterai Anda. Bahkan hanya beberapa sinar matahari setiap hari akan cukup untuk menjaga baterai tetap terisi.

"Pengisi daya pintar" Aftermarket akan membantu memperpanjang baterai ATV Anda dengan mengisi dan merawatnya sesuai kebutuhan tanpa khawatir akan kelebihan biaya. Pengisi daya pintar hanya perlu dicolokkan, dan mereka akan secara otomatis memelihara dan memantau baterai ATV Anda.

Jika baterai Anda sekarat dengan cepat atau sering, bawa ke dealer atau mekanik Anda dan minta mereka menjalankan uji beban. Jika baterai itu sendiri diuji dengan baik, mungkin ada masalah dengan penyearah regulator. Jika gagal, daya yang dihasilkan oleh stator itu mungkin bahkan tidak mencapai baterai. Penyearah regulator yang gagal juga dapat menyebabkan tegangan berlebihan dikirim ke komponen listrik ATV Anda. Itu dapat menyebabkan umbi terbakar, gagang yang dipanaskan tetap dingin, dan baterai mendidih kering.


Mengapa ATV tidak Menggunakan Alternators?


Jawaban singkatnya? ATV terlalu kotor untuk alternator. Alternator yang digunakan dalam mesin mobil membutuhkan udara kering dan bersih yang dihembus agar tetap dingin. Udara lembab dan kotor yang mungkin dilewati ATV tidak kering dan cukup bersih untuk melindungi alternator. Alternator itu tidak bisa menangani kelembaban dan kotoran. Sistem stator juga lebih kompak daripada sistem alternator yang digerakkan oleh sabuk, dan karenanya lebih cocok untuk unit daya ATV yang lebih kecil.


Sistem stator tertutup lebih cocok untuk ATV karena ditempatkan di dalam crankcase ATV dan tidak memerlukan udara terus menerus untuk membuatnya tetap dingin. Sistem pengisian daya ATV memiliki kisaran suhu pengoperasian yang aman, di mana disimpan oleh cairan pendingin engine, oli, dan kipas yang bekerja bersama.

Mudah-mudahan sekarang Anda mengerti apa yang diperlukan untuk menjalankan ATV tanpa baterai dan Anda telah menjawab pertanyaan sial "Apakah ATV akan berjalan tanpa baterai" dan dapat menggunakan pengetahuan ini jika Anda pernah menemukan baterai mati di jalan, atau di tempat lain .