Apakah ATV dan UTV Punya Alternator? (Jawabannya Akan Mengejutkan Anda)

Banyak pemilik mobil telah mendengar istilah alternator atau meminta alternator untuk menggunakannya. Alternator adalah standar pada hampir semua kendaraan jalan raya dan digunakan untuk menyalakan sistem kelistrikan Anda dan mengisi daya baterai Anda sehingga siap untuk lain kali Anda menghidupkan mobil Anda.

Anda mungkin bertanya-tanya pada diri sendiri apakah UTV dan ATV memiliki alternator untuk mengisi baterai mereka dan menjaga semua elektronik tetap menyala dan jawaban sederhananya adalah tidak.

ATV dan UTV tidak memiliki alternator. Bahkan, mereka menggunakan apa yang disebut sistem magneto di mana magnet yang tertanam pada roda gila melewati gulungan kawat atau stator untuk menciptakan arus listrik untuk memberi daya pada kendaraan Anda.

Sistem pengisian daya pada ATV dan UTV berbeda dari rata-rata kendaraan jalan raya roda 4 Anda dan saya ingin berbagi beberapa tips dan fakta tentangnya yang mungkin tidak Anda ketahui. Pertama, Anda perlu tahu lebih banyak tentang sistem magneto dibandingkan dengan sistem alternator tradisional untuk mendapatkan keuntungan penuh dari sistem ini dan pastikan Anda menyimpannya dalam kondisi prima.

Saya sarankan Anda menjaga baterai Anda tetapi apa pun bisa terjadi di jalan dan saya sarankan membawa pengisi baterai portabel dengan Anda seperti ini dari Amazon. Saya akan membahas ini sedikit lebih lanjut nanti, tetapi saya pribadi menggunakan pengisi daya ini pada semua yang saya miliki dari sepeda motor ke mesin pemotong rumput ke ATV. Mari mulai belajar tentang sistem pengisian daya kendaraan Anda dengan menonton video pendek ini di dasarnya!

Apa itu Alternator dan apa fungsinya?


Jadi kita semua tahu alternator apa sekarang? Mungkin Anda tahu namanya dan sedikit tentang fungsinya, tetapi mari selami dan lihat bagaimana cara kerjanya sebelum kita beralih ke sistem magneto stator. Ada 3 komponen untuk sistem pengisian otomotif normal dan mereka termasuk alternator, baterai, dan regulator tegangan. Anda semua komponen listrik seperti power window, kunci, instrumentasi dashboard, dan semua lampu Anda ditenagai oleh alternator dan baterai saat mereka bekerja bersama. Alternator benar-benar bergantian saat ini dan di mana mereka mendapatkan nama mereka. Ada arus bolak-balik (AC) dan arus searah (DC) dan kendaraan menggunakan kedua jenis ini.

Mesin dalam kendaraan menggerakkan berbagai komponen dan salah satunya adalah poros engkol. Crankshaft berputar saat mesin bekerja dan pada gilirannya, mengoperasikan alternator yang memungkinkannya menciptakan arus untuk memberi daya pada semua elektronik Anda. Alternator umumnya terhubung ke poros engkol dengan sabuk yang terpasang pada katrol. Katrol ini memungkinkan Anda untuk mengencangkan atau melonggarkan sabuk untuk melakukan perawatan. Alternator menghasilkan daya AC melalui elektromagnetisme. Jadi apa itu elektromagnetisme?

Komponen Alternator

Komponen Alternator
Komponen Alternator

Sekarang kita tahu bagaimana cara kerja alternator, mari kita lihat komponen yang sangat singkat. Sekali lagi ini untuk memastikan Anda tahu perbedaan antara jenis sistem pengisian pada kendaraan jalan raya biasa dan sistem UTV atau ATV.

Kebanyakan alternator kendaraan jalan raya cukup kecil dan dapat dengan mudah dipasang (setelah semua komponen keluar dari jalan) ke dalam kendaraan jika terjadi kesalahan.

Perumahan


Alternator membutuhkan banyak aliran udara langsung agar tetap dingin mengapa mereka beroperasi dan inilah mengapa mereka memiliki rumah aluminium karena itu juga akan membantu dalam pembuangan panas.

Cincin Berpisah


Cincin split di motor listrik membalikkan arah arus yang mengalir melalui koil setelah setiap setengah putaran koil. Motor DC suka membalik setiap kali ini terjadi dan cincin split menjaga arus dari pembalikan, yaitu arus searah (DC).

Bantalan


Bantalan adalah potongan kecil bulat dari logam halus yang berbentuk bulat dan rotor berputar pada ini. Sangat penting bahwa bantalan ini bulat sempurna dan tidak rusak karena menjaga keseimbangan rotor selama perputarannya.

Rotor


Rotor bergerak di dalam sistem elektromagnetik dalam sebuah alternator. Rotasinya disebabkan oleh interaksi antara belitan dan medan magnet yang menghasilkan torsi di sekitar sumbu rotor.

Stator


Stator adalah bagian diam dari alternator dan tidak berputar, tetapi rotor berputar di dalam stator. Saat rotor berputar di dalam stator, medan magnet rotor berputar melewati belitan stator dengan setiap putaran dan menghasilkan arus listrik di belitan. Karena rotasi rotor, arus bolak-balik dihasilkan.

Penggemar


Seperti yang saya katakan sebelumnya, alternator bisa menjadi sangat panas dan harus bisa menghilangkan panas. Bersamaan dengan rumah aluminium, desain terbuka untuk aliran udara yang lebih baik, kipas digunakan untuk menambah pendinginan untuk alternator.

Penyearah 


Penyearah adalah perangkat listrik yang mengubah arus bolak-balik (AC), yang secara berkala membalikkan arah, menjadi arus searah (DC), yang mengalir hanya dalam satu arah.

Regulator tegangan


Regulator tegangan mengontrol tegangan yang dihasilkan oleh alternator dan memungkinkannya untuk mengisi ulang baterai. Regulator memaksa alternator untuk mempertahankan tegangan antara 13,5 volt dan 14,5 volt.

Bagaimana Baterai UTV Dan ATV Dibebankan?


UTV, ATV, Sepeda Motor, dan bahkan mobil salju menggunakan sistem yang sama untuk mengisi daya mesin mereka dan itu disebut sistem stator magneto. Magneto menggunakan magnet yang tertanam secara permanen ke dalam roda gaya UTV atau ATV untuk menghasilkan arus listrik alih-alih menjadikannya sebagai bagian dari rumah alternator seperti kendaraan normal.

Mengapa Magnetos Digunakan Pada UTV dan ATV Sebagai pengganti Alternator?
Jika Anda telah membaca bersama maka Anda tahu sekarang bahwa alternator membutuhkan banyak pendinginan tambahan seperti aliran udara dan perumahan berventilasi agar tetap berjalan optimal tanpa panas berlebih. Jauh lebih sulit untuk mendapatkan aliran udara yang Anda butuhkan di UTV atau ATV karena tidak ada ruang untuk, atau alternator tidak akan berada di tempat yang kondusif untuk pendinginan pada kendaraan ini.
Magneto untuk Yamaha R6
Magneto untuk Yamaha R6

Alasan utama lain bahwa alternator tidak digunakan adalah karena mereka tidak dapat menangani air, kotoran, atau puing-puing di dalamnya karena itu akan membuat mereka tidak bekerja. Mereka juga dapat menangani suhu yang lebih ekstrem hingga 350 derajat fahrenheit!Desain seperti saluran pendingin engine, pendingin oli, dan bilah kipas yang terletak di dalam kompartemen semuanya digunakan untuk menjaga agar magnet beroperasi di dalam kisaran suhu yang ditentukan. Kendaraan off road seperti UTV dan ATV selalu menendang kotoran dan debu atau berkendara melalui medan yang tidak terlalu bersahabat dengan alternator sehingga desain lain harus digunakan untuk memaksimalkan kehidupan dan kinerja tanpa ada kelemahan negatif yang ditimbulkan oleh alternator. . Bahkan ATV pertama bahkan datang dengan desain berbasis magneto ini karena para insinyur menyadari tantangan yang akan dihadapi oleh alternator dalam situasi sehari-hari yang akan dihadirkan oleh kendaraan ini.

Magneto untuk Yamaha R6

Magnetos terdapat di dalam kompartemen mesin dan disegel jauh dari semua bahan asing yang dapat menghambat operasinya sehingga sistem gaya ini jauh lebih cocok untuk kita dalam kendaraan off road kami tetapi bukan hanya kendaraan offroad yang menerapkan teknologi ini. Sepeda motor juga dan beberapa sepeda motor paling awal datang dilengkapi pabrik dengan cara ini.

Ketika saya menghancurkan Yamaha R6 2006 saya, saya mencukur kompartemen stator dan merobek stator dan magnet di dalam kompartemen dan harus mengganti keduanya. Sepeda itu memiliki generator stator dan alternator yang lengkap. Itu adalah pertama kalinya saya belajar tentang sistem pengisian daya pada kendaraan dan mengapa mereka menggunakan cara mereka.


Magneto untuk Yamaha R6. Lihat magnet di sekitar lingkaran?


Apa Perbedaan Antara Satu Fase Dan Tiga Fase?


Ada 2 jenis sistem pengisian daya dan mereka adalah fase tunggal dan 3 fase. Fase dalam listrik berarti distribusi beban daya. Fase tunggal menggunakan sistem dua kawat untuk mentransfer arus, atau daya, dan fase 3 menggunakan 3 kabel. Ketika kita berbicara tentang fase, kita selalu mengacu pada arus bolak-balik (AC) karena DC adalah arus searah dan hanya mengalir satu arah.

Faktor kunci lainnya adalah bahwa fase tunggal lebih tidak konsisten daripada 3 fase karena sistem fase tunggal memiliki beberapa puncak dan lembah dalam distribusi kekuatannya dan 3 fase tidak. Ini memungkinkan lebih banyak konsistensi dalam sistem 3 fase yang memberinya umpan daya yang lebih mantap dan konstan.

3 fase juga lebih efisien karena dapat mentransmisikan hingga 3 kali lebih banyak daya dengan mentransmisikan hanya pada satu kabel tambahan. Ini berarti bahwa sistem 3 fase akan menggunakan konduksi yang lebih sedikit untuk mentransfer arus listrik, atau daya, ke mana ia harus pergi sehingga mudah untuk melihat mengapa Anda ingin memilih sistem 3 fase.

Bagaimana Cara Kerja Magneto Stator?


Sebuah stator terdiri dari beberapa batang berlapis yang dibungkus dengan kabel tembaga tipis yang membuat masing-masing kutub di dalam menjadi koil. Pabrikan yang berbeda menggunakan gaya dan jumlah tiang yang berbeda untuk masing-masing kendaraan mereka sehingga sulit untuk mengetahui dengan tepat berapa banyak tiang yang dipasang tanpa perlu menghitung.

Rotor adalah roda kecil yang dipasang ke poros engkol mesin. Ini berputar sesuai dengan putaran mesin dan mempercepat semakin tinggi putaran mesin. Ketika rotor atau roda gila berputar melewati stator dan beberapa kutub kawat tembaga, magnet akan menyebabkan arus mengalir melalui kumparan. Ini menghasilkan arus dan dengan setiap putaran stator, arus akan terbalik dan inilah yang menciptakan arus bolak-balik yang digunakan untuk memasok daya ke semua bagian UTV atau ATV Anda.

Apa yang mengendalikan semua daya listrik ini?


Sementara magneto atau rotor dan stator terus menciptakan daya, harus ada cara untuk mengendalikannya. Dalam datang penyearah / regulator yang mengubah arus bolak-balik menjadi arus searah karena baterai hanya dapat menyimpan arus searah. Regulator mengontrol berapa banyak daya yang dihasilkan ke sistem dari stator.

Stator dan magneto benar-benar sama. Sederhananya stator adalah bagian stasioner, luka kawat dari sistem pembangkit listrik. Magneto umumnya digunakan ketika menggambarkan magnet permanen yang digunakan untuk menghasilkan arus bolak-balik.

Sistem Mana Yang Lebih Kuat?


Alternator yang digerakkan oleh belt secara inheren lebih kuat karena memiliki magnet yang tidak bergerak dengan stator yang berputar. Ini memungkinkan mereka untuk mendapatkan lebih banyak kecepatan dan menghasilkan lebih banyak arus daripada sistem magneto itu.

Gaya magneto adalah kebalikan dari alternator dan memiliki magnet yang berputar di sekitar stator stasioner. Sebuah magneto tidak dapat menyediakan ampli yang cukup untuk mengisi baterai 12V yang akan mengoperasikan lampu interior dan eksterior, stereo, komponen mesin listrik, dan aksesori lainnya pada kendaraan jalan raya yang lebih besar.

Cara Mencegah Baterai UTV Atau ATV Anda Dari Sekarat


Karena ATV dan UTV beroperasi pada kecepatan yang lebih rendah lebih sering selalu ada kemungkinan bahwa akan ada lebih banyak daya tarik pada sistem Anda daripada magneto yang benar-benar dapat menebusnya. Ini sebagian besar benar ketika menambahkan komponen tambahan yang menempatkan arus ekstra pada sistem dan dapat terjadi jika Anda menggunakan aksesori seperti lampu atau winch terlalu lama tanpa mengisi ulang sistem. Berikut adalah beberapa tips perawatan untuk membantu memperpanjang dan meningkatkan masa pakai baterai Anda.


Beli Baterai Berkualitas Lebih Baik

Baterai
Baterai

Baterai dengan kualitas yang lebih baik akan mampu menangani lebih banyak tegangan daripada baterai pabrik normal Anda dan akan dapat menyimpan lebih banyak jus jika Anda mendapatkan yang sedikit lebih besar. Saya selalu meningkatkan baterai setelah beberapa bulan digunakan karena saya tidak ingin mengambil risiko baterai sub-par merusak perjalanan saya.

Jaga Baterai Anda


Pastikan Anda menjaga baterai Anda agar sel-sel di dalamnya tetap sehat. Baterai kehilangan daya dari waktu ke waktu, terutama ketika mereka terhubung ke semua jenis kendaraan. Ada sejumlah kecil pelepasan konstan yang terjadi setiap hari dan Anda ingin baterai Anda diisi ulang, tetapi tidak dibebankan biaya berlebihan.

Pengisi daya yang saya tautkan dalam beberapa paragraf pertama berfungsi sangat baik dalam menjaga baterai Anda tetap terisi dan disebut pengisi daya tetesan karena alasan ini. Baterai berhenti mengisi setelah baterai penuh dan segera setelah habis sedikit, pengisi daya menyala dan mengisi kembali ke penuh.

Perhatikan Level Daya Baterai Anda


Seperti yang saya sebutkan, Anda harus selalu menyimpan tetesan pada baterai Anda saat tidak digunakan tetapi jika Anda mengabaikan baterai Anda maka Anda akan melihat hal-hal seperti lampu redup atau lampu aksesori dan Anda akan tahu bahwa sudah saatnya baterai diisi dengan tepat. cara.

Akan Menambahkan Aksesoris Ekstra Menguras Lebih Banyak Daya Pada Sistem Magneto?
Semakin banyak aksesori yang Anda tambahkan ke kendaraan Anda, semakin banyak pekerjaan yang Anda minta dilakukan oleh sistem pengisian daya. Anda dapat menemukan sistem pengisian yang lebih kuat untuk kendaraan Anda yang mencakup pembaruan seperti meningkatkan ke magnet rare-earth, menambahkan lebih banyak kumparan pengisian daya dan magnet permanen dengan membuat roda gila lebih besar diameternya. Juga menggunakan 3 fase bukannya sistem daya output satu fase akan bekerja lebih baik. Semua peningkatan ini akan memiliki biaya yang lebih tinggi dan lebih rentan terhadap masalah panas karena peningkatan pembangkit listrik.

Beberapa alternator mulai digunakan pada mobil salju 4-tak dan akan membiarkan mereka menggunakan lebih banyak aksesori daripada sistem magneto standar. Sebuah alternator dimungkinkan pada mobil salju karena mereka dirancang untuk menjaga udara bergerak melalui kap mesin memungkinkan alternator tetap dingin sambil menghasilkan daya tambahan. Snowmobiles tidak dirancang untuk dioperasikan terendam air seperti halnya ATV dan UTV.

Sistem magnetos terus ditingkatkan dan, meskipun kekurangan daya dibandingkan dengan alternator standar, adalah pilihan terbaik untuk sistem listrikportportport kami.

Bawa Starter Lompat Baterai Portabel


Anda tidak pernah tahu apa yang akan terjadi di jalan dan itu selalu menyenangkan untuk memiliki rencana cadangan kalau-kalau ada sesuatu yang rusak. Anda dapat mengikuti semua tips saya di atas dan masih memiliki masalah dan akhirnya terdampar di jalan karena baterai mati. Cara terbaik untuk mencegahnya adalah dengan membawa paket baterai portabel atau melompat pemula seperti yang portabel portabel ini di Amazon. Ini akan membuat Anda keluar dari sejumput dan kembali ke rumah jika Anda kehabisan baterai Anda mencoba untuk mendapatkan teman keluar dari lumpur. Gunakan tips dalam artikel ini yang saya tulis untuk membuat Anda atau teman Anda keluar dari jalurnya.