Kapan Mengganti Ban UTV & ATV (Panduan Sederhana)

Semua orang tahu di dalam mobil yang mengganti ban Anda pada interval jarak tempuh reguler adalah praktik terbaik dan Anda mungkin bertanya-tanya apakah hal yang sama berlaku untuk ban UTV dan ATV. Anda telah mengendarai ban yang sama selama kurang lebih satu tahun dan menempatkannya sejauh ratusan mil dan mungkin bertanya pada diri sendiri apakah sudah waktunya untuk menggantinya.

Saatnya mengganti ban UTV atau ATV Anda saat tapak cukup rendah untuk memengaruhi kinerja ban. Meskipun sebagian besar preferensi, Anda harus mencari hal-hal seperti retakan, tusukan, kerusakan, dan keausan yang tidak merata sebelum setiap perjalanan.

Meskipun tidak ada batas kedalaman yang harus diubah untuk UTV dan ATV, masih ada beberapa pedoman umum dan hal-hal yang perlu diketahui untuk membantu Anda menentukan apakah sekarang saatnya untuk penggantian atau perbaikan. Jika Anda ingin terus maju dan menyingkirkan ban-ban stok itu sebelum Anda bahkan meninggalkan dealer atau Anda ingin memakainya hingga mereka menaiki slick di atas aspal, itu benar-benar tergantung pada apa yang ingin Anda lakukan dan ke mana Anda ingin mengendarainya.

Apa Jenis Ban Yang Anda Miliki


Frekuensi Anda mengganti ban dipengaruhi oleh jenis ban yang Anda miliki, kualitas ban, dan medan yang Anda pakai. Mengendarai aspal keras akan membuat ban Anda turun lebih cepat daripada jika Anda mengendarai pasir lembut atau lumpur. Mari kita lihat berbagai jenis ban yang dapat Anda miliki di kendaraan Anda.

Saatnya mengganti ban UTV atau ATV Anda
Saatnya mengganti ban UTV atau ATV Anda

All-Terrain Tyres - Jika Anda menginginkan ban yang baik di sekelilingnya yang dapat berkinerja baik di hampir semua situasi, maka Anda perlu mendapatkan satu set semua ban terrain. Ban terrain terbaik yang pernah saya gunakan adalah ban Maxxis RZR yang bisa Anda dapatkan dari Amazon. Jika Anda menemukan diri Anda mengendarai jalan setapak, rumput, dan kerikil maka ban ini bersinar, tetapi saya juga membawa tambang di bukit pasir dan melakukannya dengan baik tanpa satu set ban dayung. Karena ban ini adalah tipe universal, maka ban tersebut akan aus lebih cepat daripada ban tipe medan yang lebih spesifik. Ini tidak menangani dengan baik di jalan beraspal dan saya tidak akan merekomendasikan ini untuk apa pun selain melintasi jalan beraspal. Saya telah mengendarai mobil saya di sekitar lingkungan saya dan dapat memberi tahu perbedaan besar antara jalan beraspal dan jalan tanah ..

Ban Salju Dan Pasir - Kebanyakan ban salju yang bagus memiliki pola tapak yang menyerupai dayung, dan ini untuk memastikan traksi tetap konstan saat Anda bergerak maju. Jika Anda menginginkan ban yang akan mendorong Anda melewati salju, salju yang longgar, dan bahkan lumpur, maka gaya dayung cocok untuk Anda. Pastikan Anda tidak menggunakan ini untuk berkuda sehari-hari atau permukaan yang lebih sulit seperti jalan setapak, dan terutama bukan trotoar. Menggunakan ban-ban ini pada permukaan yang padat akan membuatnya luntur dan bahkan menempatkan divot dan retakan pada bagian dayung ban. Selama Anda tetap berpegang pada bukit pasir dan salju maka ban ini kemungkinan besar akan bertahan lebih lama dari jenis ban lainnya.

Ban Mudding - Ada beberapa pilihan bagus untuk ban berlumpur bagus. Jika Anda mencari satu set ban berlumpur yang baik maka Anda akan menginginkan beberapa dengan tapak yang sangat agresif yang diberi jarak agar lumpur tidak masuk ke dalam perdagangan untuk membentuk permukaan yang licin. Jenis ban ini memberi Anda pegangan TERBAIK mutlak dalam situasi apa pun. Jika Anda menggunakan bagian luar dari endapan pada permukaan yang padat, Anda dapat mengharapkan perjalanan yang sangat kasar dan keausan yang dipercepat. Lihat ban Maxxis Maxxzilla ini di Amazon. Mereka sangat agresif dan dari salah satu merek ban terbaik dalam bisnis ini.
Ban ini sering dibuat dengan beberapa lapisan karet untuk mencegah tusukan dari rintangan kasar dan umumnya lebih berat dan jauh lebih tahan lama daripada yang lain. Anda dapat menggunakan ban lumpur dalam kondisi bersalju juga karena mereka akan mencengkeram tanah di bawah salju sehingga menghasilkan traksi yang lebih baik. Jika Anda ingin memeriksa lebih lanjut tentang mods berlumpur, maka periksa artikel ini saya tulis.

Street Tyres - Street ban adalah untuk mereka yang ingin membuat jalan UTV atau ATV Anda legal. Di sebagian besar negara bagian, ban yang disetujui DOT ini wajib sebelum Anda bahkan dapat berkendara di jalan. Saya memiliki semua informasi di 50 negara bagian dengan tautan ke undang-undang setempat dalam artikel luas yang saya tulis ini .

Berikut adalah beberapa ban DOT yang disetujui yang Anda dapatkan dengan harga bagus di amazon. Sama seperti ban kendaraan biasa, ban ini akan membutuhkan rotasi berkala untuk mencegah keausan berlebih pada ban depan Anda. Ban jalanan mungkin akan cepat aus karena aspal benar-benar kasar pada tapak ban, apa pun kendaraannya.

Seberapa Sering Dan Seberapa Keras Anda Mengendarai motor UTV DAN ATV


Berkendara ratusan jam atau mil seminggu akan memecah karet ban Anda dan menyebabkan keausan lebih cepat daripada jika Anda hampir tidak mengendarai. Itu adalah sesuatu yang perlu diingat ketika mencoba mencari tahu kapan harus mengganti ban Anda. Inilah sebabnya mengapa tidak ada jadwal yang ditetapkan sejauh berbulan-bulan atau berjam-jam untuk memperbaiki ban Anda. Ini semua tentang kondisi ban Anda dan itu adalah faktor penentu.

Jika Anda seorang pejuang akhir pekan dan jarang menghabiskan berjam-jam atau bermil-mil di kendaraan Anda, maka Anda mungkin tidak perlu sering mengganti ban. Ada beberapa hal penting yang harus dicari untuk memastikan ban Anda dalam kondisi yang baik untuk perjalanan Anda berikutnya dan saya meletakkannya di meja kecil yang bagus untuk Anda periksa.

Apa yang Harus Diperhatikan Untuk Mengetahui Jika Diperlukan Penggantian


Ada beberapa hal yang perlu diperiksa sebelum setiap perjalanan untuk memastikan Anda tidak terjebak di jalan di suatu tempat dan cek ini juga akan memberi Anda indikasi seberapa cepat ban Anda kenakan. Saya merasa baik untuk melacak seberapa cepat mereka mengenakannya sehingga saya dapat membuat jangka waktu ketika mereka mungkin perlu diubah.

Cara Membuat Ban UTV Dan ATV Anda Lebih Lama


Yang paling penting untuk memakai ban adalah melakukan semua yang Anda bisa sebagai pengendara untuk memastikan Anda mendapatkan yang paling hidup dan uang dari ban Anda. Mereka biasanya barang yang paling banyak diubah pada kendaraan ini dan jika tidak diurus, biayanya akan lebih cepat dan semakin mudah. Berikut adalah daftar barang dan pemeriksaan yang harus dilakukan untuk menjaga ban Anda dalam kondisi prima selama mungkin.

Selalu Lakukan Pemeriksaan Pra Naik


Sebelum Anda pergi untuk perjalanan apa pun, Anda harus melakukan inspeksi pra perjalanan. Ini adalah jalan cepat untuk memeriksa kerusakan, keausan, atau kondisi lain yang mungkin muncul di UTV atau ATV Anda untuk memastikan perjalanan Anda seaman mungkin. Daftar barang yang harus diperiksa adalah ban Anda. Anda harus memastikan Anda memeriksa ban sebelum setiap perjalanan. Lihatlah tabel di atas untuk kriteria yang harus diperiksa selama inspeksi pra perjalanan Anda. 

Pertahankan PSI yang Tepat


Mempertahankan tekanan ban yang tepat (PSI) sangat penting bahkan untuk keausan tapak dan akan mencegah hal-hal seperti bintik-bintik botak dan bintik-bintik keausan yang tidak merata. Jika ban Anda memiliki bintik-bintik botak di tengah-tengah ban, maka Anda telah menggembungkannya. Ini berarti Anda berakhir mengendarai bagian tengah ban alih-alih area tapak sementara.

Saatnya mengganti ban UTV atau ATV Anda
Saatnya mengganti ban UTV atau ATV Anda

Jika Anda memiliki keausan yang tidak rata atau tapak yang terlalu usang, hal itu dapat memengaruhi traksi keseluruhan dan mengurangi penanganan. Anda tidak hanya akan mengalami kesulitan dalam belokan dan tikungan tetapi juga akan kehilangan akselerasi yang berharga. Ban Anda tidak dapat digenggam dengan benar, maka Anda tidak memiliki traksi yang cukup untuk menggigit dan menggenggam medan untuk mendorong Anda maju. Anda akhirnya akan memutar roda Anda yang membawa saya ke tip saya berikutnya.

Hindari Memintal Ban Anda


Jika pola tapak Anda aus, akan lebih sulit untuk menjaga ban Anda tidak berputar saat meroket atau mencoba mempercepat ketika Anda mencekik. Ban berputar akan lebih cepat aus daripada mengendarai ban normal.

Ini berarti melakukan wheelies atau donat di mana ban Anda berputar akan menyebabkan mereka aus sebelum waktunya. Jika Anda adalah salah satu pembalap yang suka balapan drag atau take off dari berhenti dan pergi kecepatan penuh maka Anda mungkin telah memperhatikan pakaian prematur juga. Beralih dari posisi berhenti ke kecepatan penuh, kursi balap tarik celana Anda pasti akan berputar.

Saya tahu banyak pengendara yang memiliki beberapa set roda dan ban untuk jenis berkuda tertentu. Beberapa teman saya memiliki dayung dan semua medan untuk bukit pasir dan jalan setapak. Beberapa pria bahkan memiliki beberapa set karena variasi menunggang yang mereka lakukan.

Cegah Dryrot Dan Retak


Matahari adalah salah satu musuh terbesar Anda selain dari mengemudi yang sebenarnya Anda lakukan ketika datang ke siklus hidup. Sinar matahari yang merusak adalah penyebab utama pembusukan dan keretakan pada ban Anda. Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mencegah pembusukan kering. Pabrik ban menambah bahan kimia ketika mereka membuat ban mereka untuk membantu mencegah busuk kering dan mereka juga membuatnya menjadi karbon hitam untuk membantu mencegah sinar matahari yang merusak dari mempengaruhi mereka sebanyak.

Jauhkan ban Anda dari sinar matahari langsung jika memungkinkan


Pindahkan kendaraan Anda secara berkala jika berada dalam penyimpanan untuk jangka waktu yang lebih lama
Hindari penggunaan produk pembersih ban berbahan dasar minyak bumi karena dapat menguras oksidasi dan bahan pelapukan ban dalam senyawa karet, yang mengakibatkan retak. Gunakan hanya produk-produk non-minyak atau sabun biasa dan air untuk membersihkan ban.
Gunakan pelindung ban seperti semir ban yang akan memberi lapisan pelindung pada ban Anda untuk membantu menghalangi sinar UV. Anda harus mencuci ban sebulan sekali dengan sabun ringan dan air untuk membersihkan kotoran atau kotoran. Pastikan setelah ban kering, Anda juga perlu menggunakan pelindung ban sebulan sekali.

Putar Ban Anda sesering mungkin


Sama seperti kendaraan jalan raya, ATV atau UTV perlu memutar ban mereka agar tetap aus. Pada kendaraan roda depan, ban depan cenderung lebih banyak keausan daripada bagian belakang karena ada lebih banyak tekanan dan keausan karena harus memutar DAN mencengkeram medan. Lihat gambar di bawah untuk melihat bagaimana rotasi ban harus dilakukan untuk kendaraan roda belakang dan penggerak 4 roda.

Jangan Membebani UTV Atau ATV


Pertama-tama, jangan pernah naik penumpang lebih dari jumlah yang disarankan dari pabrikan. Yang sedang berkata, saya tahu saya telah naik penumpang di ATV beberapa kali dan telah melihat terlalu banyak orang menggantung di sisi UTV seseorang sehingga saya tidak ingin menjadi munafik di sini tetapi terlalu berat pada ban Anda akan saring dan menyebabkan keausan berlebih.

Jika Anda meningkatkan ke ban yang lebih berat, pastikan untuk memeriksa kapasitas maksimumnya sebelum Anda berangkat dan mulai mengangkut ratusan pound ekstra peralatan atau orang-orang di sekitar. Ini akan melenturkan ban Anda sehingga menyebabkan keausan yang tidak merata dan dengan berat yang cukup dapat menyebabkan ban kempes dengan hit terkecil pada sesuatu yang biasanya tidak menyebabkan kempes. Berhati-hatilah saat mengangkat beban ekstra karena itu juga akan mempengaruhi penanganan dan dapat menyebabkan kecelakaan.

Gunakan Ban Yang Benar


Saya mencantumkan semua jenis ban yang akan Anda gunakan di UTV atau ATV di atas jadi lihat daftar itu dan pastikan Anda menggunakan ban yang tepat untuk pekerjaan itu. Jika Anda suka melintasi semua jenis medan yang berbeda seperti yang saya lakukan, maka patuhi semua medan, tetapi jika Anda ingin sedikit lebih terspesialisasi, pastikan Anda memiliki ban yang tepat, ukuran ban yang tepat, dan pola tapak yang benar sesuai daerah yang akan Anda tuju. Untuk beberapa informasi lebih lanjut tentang memilih ban yang tepat dan beberapa dasar-dasar lainnya, lihat video ini dari perusahaan yang telah saya gunakan beberapa kali di masa lalu.

Pastikan Ban Anda Memiliki Izin Yang Baik


Jika Anda seperti beberapa orang yang saya tahu maka Anda akan ingin menaruh beberapa ban tua besar di kendaraan Anda sehingga Anda bisa bermain di lumpur atau pergi ke lapangan setelah badai salju. Berhati-hatilah hanya dengan meningkatkan ke ban yang lebih besar karena ukuran ban yang pas untuk alat berat Anda.

Jika Anda mendapatkan ban yang terlalu besar tanpa melakukan modifikasi tambahan yang diperlukan, maka Anda akan mengalami gosok ban. Ban Anda akan bergesekan pada rangka atau fairing kendaraan dan kita semua tahu ketika satu benda bergesekan dengan yang lain secara konstan, keduanya mulai aus. Ini akan menjadi masalah karena biayanya untuk mengganti ban Anda yang sudah usang DAN fairings Anda yang sudah usang atau komponen lain yang kebetulan sedang digosok.

Coba Jalankan Ban Rata


Rintangan dan hal-hal lain di dunia berkuda dapat menusuk ban Anda jika Anda tidak berhati-hati. Neraka bahkan jika Anda berhati-hati Anda bisa mendapatkan ban kempes. Beberapa perusahaan membuat ban kempes run yang akan mencegah tusukan merusak hari Anda dan dapat memastikan ban Anda lebih lama jika Anda mengalami beberapa ban kempes hanya dari naik, atau medan yang Anda naiki.


Pada awalnya, saya katakan kepada Anda bahwa tidak ada jadwal yang ditetapkan kapan waktu yang tepat adalah mengganti ban Anda, tetapi jika Anda mengendarai ban merek yang sama setiap saat dan Anda melacak berapa banyak ban Anda berkurang maka Anda bisa mudah perkiraan kapan penggantian ban Anda berikutnya akan ada sedikit "ilmu" untuk mengetahui kapan. Jika Anda mempraktikkan tips yang saya berikan di sini hari ini, Anda dapat secara signifikan memperpanjang usia ban yang Anda putuskan untuk Anda pakai.