Tips Untuk Mencegah Karat Pada Motor ATV Anda

Jika Anda tinggal dan naik ke suatu tempat ATV Anda dengan kondisi lembab atau basah, dan Anda tidak mengambil tindakan pencegahan yang diperlukan, karat pada suatu titik akan berkembang di atas sepeda.

Beberapa merek ATV melakukan pekerjaan yang lebih baik untuk melindungi sepeda daripada yang lain, tetapi semuanya akan berkarat di beberapa titik selama mereka terbuat dari baja atau besi.

Karat tidak hanya membuat sepeda Anda terlihat buruk, tetapi juga dapat merusak integritas struktural kerangka sepeda Anda atau berdampak pada fungsi komponen penting seperti rem atau suspensi, sehingga sepeda berbahaya untuk digunakan.

mesin cuci tekanan  
mesin cuci tekanan  

Sistem pembuangan biasanya merupakan tempat pertama di mana karat akan mulai berkembang.

Karena itulah pencegahan karat biasanya dengan cara tertentu bertujuan mencegah air bersentuhan dengan logam telanjang.

Ada beberapa langkah sederhana yang dapat Anda ambil untuk mengurangi kemungkinan timbulnya karat pada mesin Anda.


Karena garam akan mempercepat perkembangan karat yang sedang berlangsung, penting untuk mengeluarkannya dari ATV sesegera mungkin setelah mengendarai sepeda di mana pun ada risiko garam mencemari sepeda Anda.

Begitu salah satu dari itu mencair dan berubah menjadi air, karat akan mulai berkembang.

Bukan hanya garam dan salju yang perlu dihilangkan untuk mencegah karat.

Sebagai bonus, sepeda jauh lebih mudah dibersihkan jika Anda melakukannya saat lumpur masih segar.

Merupakan ide yang baik untuk membiasakan membersihkan sepeda sama seperti Anda selesai mengendarai sepeda.

Ventilasi yang baik adalah penting agar setiap kelembaban yang tersisa di sepeda, baik itu berasal dari salju dan es, atau air setelah dicuci, dapat menguap dan menghilang dengan cepat tanpa terjebak di ruangan yang sama di sepeda.

pompa tekan minyak  
pompa tekan minyak  

Ini akan memungkinkan kelembaban untuk keluar dengan cepat dan sangat mengurangi kemungkinan karat berkembang.

Jangan jatuh cinta pada godaan menempatkan sepeda bersalju Anda di garasi yang dipanaskan karena panas hanya akan mempercepat perkembangan karat.

Sekalipun saljunya "bebas garam" akan membutuhkan waktu lama sebelum sepeda benar-benar kering.

Selama suhu di dalam tetap di bawah titik beku, salju dan es tidak akan berubah menjadi air cair dan tidak akan menimbulkan bahaya terkait perkembangan karat.

Setiap kali sepeda telah tenggelam dalam air atau setiap kali Anda melakukan pembersihan menyeluruh dengan mesin cuci tekanan, Anda harus memompa minyak di semua perlengkapan sepeda motor.

Minyak akan memeras sisa air yang terperangkap di dalam bushing dan bantalan, mencegah karat berkembang di dalamnya.

Karat apa pun di sana akan menghasilkan keausan prematur dari bagian yang bergerak ini.

Setiap baja yang terbuka akan berkarat bahkan ketika sepeda kering, jadi Anda perlu melindunginya.

Yang ingin Anda lakukan adalah menyemprot bagian bawah sepeda dengan lapisan tipis dari salah satu produk yang tercantum di bawah ini, yang akan berfungsi sebagai penghalang untuk menjaga kelembaban atau oksigen dari kontak dengan logam telanjang.

Apakah itu sesuatu yang WD-40 terkenal itu tidak dapat digunakan untuk? Di antara semua kegunaan lainnya, ia melakukan pekerjaan yang sangat baik untuk melindungi dan mencegah ATV Anda berkarat.

WD-40
WD-40

Banyak penggemar mobil bersumpah untuk produk ini sebagai produk masuk mereka untuk melindungi bagian bawah mobil mereka dari karat.

Fluid-Film tidak akan membahayakan karet dan plastik atau apa pun pada sepeda, tetapi mereka merekomendasikan Anda untuk menghapus sisa semprotan karet.

Produk ini dirancang untuk membersihkan, melumasi, dan melindungi dari karat dan korosi.

Jika sepeda Anda memilikinya, oleskan grease rantai baru ke rantai penggerak setelah setiap kali Anda membersihkannya.

Sebaiknya periksa sepeda untuk mengetahui adanya karat atau kerusakan segera setelah salju mencair pada musim semi.

Gunakan sikat kawat atau obeng untuk menghilangkan serpihan karat dan cat yang longgar.

Kemudian Anda dapat menggunakan amplas, atau bahkan lebih baik, tempat sandblaster untuk menghilangkan karat yang tersisa.

Bahkan sandblasting akan meninggalkan sedikit karat di dalam pori-pori logam.

Setelah deterjen benar-benar menguap, Anda harus menerapkan satu lapisan konverter karat berkualitas atau primer logam untuk mencegah karat yang tersisa dari mengembangkan lebih jauh.

Saya lebih suka konverter karat karena ini juga berfungsi dengan baik sebagai primer.

Cegah karat di tangki gas dengan menambahkan bahan bakar penstabil.

Jika ATV Anda memiliki tangki gas logam Anda ingin memastikan karat tidak berkembang di dalam tangki.

Kapan pun Anda ingin menyimpan ATV dengan tangki bahan bakar logam dalam jangka waktu yang lama, Anda harus mengisi tangki dengan gas dan menambahkan bahan penstabil bahan bakar untuk menghindari karat.

Cegah agar kutub tidak berkarat karena terjebak menggunakan Loctite atau anti-seize.

Karat pada ulir akan membuatnya hampir tidak mungkin untuk melepaskan baut, sehingga masa depan Anda, dan masa depan dompet Anda, akan selamanya bersyukur jika Anda memasukkan langkah sederhana ini ke dalam rutinitas perawatan Anda hari ini.

Meskipun ada banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk mencegah atau bahkan menghilangkan karat pada komponen luar ATV Anda, ada cerita yang sangat berbeda ketika mengenai bagian dalam mesin. Jika Anda merendam sepeda di air atau lumpur di bawah tingkat asupan udara Anda, air akan tersedot ke dalam mesin.
Cancel